Sedekah

Ini Alasan Mengapa Kita Harus Memilih Cara yang Tepat Dalam Membelanjakan Harta

Kehidupan di dunia tentu saja saat ini merupakan fokus utama kebanyakan manusia. Terlebih lagi, teknologi yang semakin berkembang memungkinkan kita untuk bisa mengetahui lebih banyak hal di luar sana. Alhasil, ada yang dapat belajar dan mengambil sisi baik dari hal ini. Namun, tak sedikit pula yang semakin terpuruk mengindahkan beragam cara agar dapat terus bertahan dalam persaingan sementara.

Harta menjadi alat untuk mempertahankan eksistensi diri. Bahkan harta yang berlimpah kini merupakan sebuah ukuran bagi seseorang untuk menghargai orang lain. Pada kenyataannya, justru hal inilah yang sejatinya perlu kita perhatikan lebih dalam. Bukan tanpa alasan, harta yang kita miliki sesungguhnya kelak menjadi pertimbangan di Padang Mahsyar terkait nasib kita di akhirat kelak.

Rasulullah Muhammad SAW pernah bersabda,

“Tidak akan bergeser kedua kaki seorang hamba pada hari kiamat nanti sampai ditanya tentang 4 perkara: Untuk apa umurnya dihabiskan, Sejauh mana ia mengamalkan ilmunya, Dari mana harta tersebut ia dapatkan dan untuk apa dibelanjakan, serta Untuk apa tubuhnya dimanfaatkan.” (Hadist Riwayat At – Tirmidzi no. 2417)

Hadist di atas sejatinya menerangkan tentang 4 hal yang akan menjadi pertanggung – jawaban manusia di akhirat kelak. Salah satunya adalah harta yang kita miliki. Allah SWT akan meminta jawaban terkait asal muasal datangnya harta tersebut. Sudahkah kita memilih jalan yang benar atau justru menghalalkan cara menyimpang hanya untuk mendapatkannya?

Tidak hanya itu, harta yang dimiliki pun kelak akan dimintai pertanggung – jawabannya terkait manfaat yang ada padanya. Sudahkah kita membelanjakannya untuk membantu orang lain? Pernahkah kita memanfaatkannya untuk tujuan yang baik seperti bersilaturahmi, menyantuni anak yatim, dan juga menyayangi kedua orang tua?

Terkait hal ini, sebaik – baiknya harta yang kita miliki hendaknya dapat dirasakan manfaatnya tak hanya untuk diri kita sendiri tapi juga orang lain yang membutuhkan. Hal tersebut bahkan semakin utama jika jumlahnya berlimpah dan melebihi kebutuhan sehari – hari. Maka dari itu, pastikan selalu bahwa kita telah membelanjakan harta yang dimiliki dengan cara dan tujuan yang tepat. 

Related Articles

Back to top button