Sedekah

Hati – Hati, Ini Alasan Di Balik Derma Berlebihan yang Dilakukan Orang Kafir

Dalam berderma hendaknya seseorang melengkapi hal tersebut dengan tujuan yang baik. Sebaik – baiknya tujuan adalah yang dilandaskan semata – mata hanya untuk Allah SWT. Sayangnya, banyak di antara kita yang tidak memahami betul tujuan bersedekah yang sebenarnya. Alih – alih mendapatkan berkah, derma yang dilakukan justru menjadi salah arah. Ya, hal seperti ini sering terjadi atau bahkan dilakukan oleh orang – orang kafir. Sebagaimana dalam Al – Qur’an Allah Ta’ala berfirman,

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir itu, menginfakkan harta mereka untuk menghalang-halangi (orang) dari jalan Allah. Mereka akan (terus) menginfakkan harta itu, kemudian mereka akan menyesal sendiri, dan akhirnya mereka akan dikalahkan. Ke dalam neraka Jahanamlah orang-orang kafir itu akan dikumpulkan,..” (QS. Al – Anfal: 36)

Dari ayat di atas, Allah SWT memperingatkan hamba – Nya untuk tidak begitu saja memercayai keberadaan kaum kafir yang menyelinap dalam kehidupan umat Muslim. Mereka sejatinya merupakan golongan yang mengingkari keberadaan Allah. Sedekah yang mereka lakukan tak ada tujuan lain selain untuk menghalang – halangi umat Muslim dari jalan Allah SWT. Balasan bagi mereka adalah penyesalan dan kebinasaan. Bahkan Allah tak segan – segan menjadikan mereka bagian dari penghuni neraka Jahanam.

Oleh karena itu, hendaknya kita sebagai umat Muslim dapat mewanti – wanti segala bentuk derma yang diberikan secara berlebihan. Bisa jadi, itu merupakan cara kaum kafir dalam menjerumuskan kita pada kemaksiatan. Mereka senang menghabiskan harta dengan berdalih sedekah untuk kemaslahatan kaum Mukmin. Pada kenyataannya, mereka memiliki rencana sendiri dibalik perbuatan – perbuatan amal yang dilakukan. Naudzubillah min dzalik, semoga kita dijauhkan dari orang – orang demikian.

Related Articles

Back to top button