Kemanusiaan

Hal Utama yang Bisa Kita Lakukan pada Sesama Sekaligus Berpahala

Dalam kehidupan sehari-hari yang dijalankan bersama orang lain kita dianjurkan untuk bisa banyak melakukan amal salih. Hal ini menjadi salah satu perkara yang sudah sedari dulu ditekankan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bukan tanpa sebab, pasalnya umat Islam sejatinya adalah saudara seiman. Maka dari itu, saling peduli satu sama lainnya menjadi perbuatan amal yang cukup sering dilakukan oleh para terdahulu. Salah satu bentuk dari kepedulian pada sesama adalah dengan mengajarkan al-Qur’an. Dari Utsman bin ‘Affan radhiyallahu ‘anhu ia berkata bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Yang terbaik di antara kamu sekalian adalah yang belajar dan mengajarkan Al-Qur’an.” (HR. Bukhari)

Hadist di atas menjelaskan tentang menjadi sosok terbaik dalam kaca mata Islam. Terkait hal ini, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menyatakam bahwasanya sosok terbaik bukan saja mereka yang mampu menjadi penolong sesama. Sosok terbaik adalah mereka yang menuntut ilmu Qur’an dan senantiasa mengamalkan juga mengajarkannya pada sesama. Qur’an sendiri adalah satu-satunya pedoman bagi umat Islam. Al-Qur’an juga merupakan kitab suci yang paling lengkap dan penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya. Mempelajari Qur’an berarti kita berupaya untuk meyakini sekaligus mengamalkan keyakinan kita terhadap Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Bagi mereka yang mendambakan pahala lebih, Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kita untuk senantiasa berbagi ilmu agama kepada sesama. Melalui al-Qur’an kita tak hanya dapat membuka jalan terbaik bagi mereka yang tersesat tapi juga mengatur kehidupan mereka menjadi pribadi yang naik tingkat dari sebelumnya. al-Qur’an juga menjaga setiap di antara kita dari perbuatan sia-sia yang menjerumuskan diri kita pada dosa dan Neraka. Pahala berlebih yang tak putus-putusnya bahkan menjadi hak mereka yang senantiasa mengamalkan Qur’an dan menyebarkan manfaatnya pada sesama.

Related Articles

Back to top button