Musyawarah, Langkah Penyelesaian Masalah yang Mengedepankan Solusi Bersama

Kemanusiaan

Musyawarah, Langkah Penyelesaian Masalah yang Mengedepankan Solusi Bersama

Tabayyun merupakan langkah awal yang sangat dianjurkan dalam penanganan sebuah konflik antara umat Muslim. Fungsinya adalah untuk mencari tahu duduk persoalan yang sebenarnya terjadi. Jika langkah ini tak membuahkan hasil, maka kita dianjurkan untuk melakukan tahkim yakni upaya mediasi yang berfungsi untuk mendatangkan perdamaian bagi pihak yang berselisih paham.

Sayangnya, tak semua konflik atau pun masalah dapat serta merta selesai begitu saja. Jika dua langkah awal tadi masih juga belum membuahkan hasil, maka umat Muslim perlu mencari jalan keluar lain dengan melakukan syura. Syura dikenal juga dengan sebutan musyawarah. Langkah ini diambil untuk memecahkan persoalan dengan cara mencari solusi dan mengambil keputusan bersama.

Anjuran pentingnya melakukan musyawarah telah Allah tetapkan dalam Al – Qur’an. Sebagaimana firmannya yang berbunyi:

“Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal.” (QS. Ali Imran ayat 159)

Ayat di atas sejatinya menjelaskan tentang tuntunan yang Allah berikan pada hamba – Nya dalam menyelesaikan masalah. Dalam upaya mencari jalan keluar, hendaknya kedua belah pihak yang bersengketa tidak memanfaatkan ego masing – masing. Diperlukan adanya kesabaran dan perasaan lapang dada untuk saling mendengarkan dan memaafkan satu sama lain.

Berhati keras dan bersikap kasar hanya akan membuat masalah semakin runyam sehingga tidak ada pencapaian yang bisa didapatkan. Oleh karena itu, penting bagi umat Muslim untuk mengikuti perintah Allah dalam upaya menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Musyawarah adalah salah satu cara yang diharapkan mampu melahirkan jalan keluar yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Back To Top