Kesehatan

3 Langkah Mudah Bantu Lansia Terhindar Penularan Corona

COVID – 19 atau yang lebih kita kenal dengan sebutan virus corona kini menjadi masalah yang belum tuntas penyelesaiannya. Bukan tanpa alasan, beragam permasalahan mulai dari ekonomi hingga sosial menjadi hal yang menyebabkan perlambatan penyelesaian. Jika terus begini, tentu saja kondisi dapat semakin mengkhawatirkan terlebih lagi terkait penularan virus pada mereka yang lansia.

Lansia pada dasarnya telah mengalami penurunan metabolisme dan imunitas tubuh. Oleh karena itu, golongan ini termasuk ke dalam kategori mudah tertular. Meskipun begitu bukan berarti kita hanya bisa berpangku tangan. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona pada mereka yang lanjut usia.

Berikan pengertian tetang protokol kesehatan

Kondisi lansia dengan umur yang semakin bertambah tidak jarang membuat kemampuan pendengarannya jadi terbatas. Oleh karena itu, mereka membutuhkan kita sebagai penyampai informasi terkait COVID – 19. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti untuk menjelaskan tentang bahaya virus corona, protokol kesehatan yang harus dipatuhi, juga penanganan penyakit ini.

Pisahkan kehidupan dengan lansia

Jika memang harus hidup satu atap dengan lansia, pastikan kita harus tega memisahkan kehidupan dengan mereka. Dengan kata lain, biarkan mereka diisolasi dalam ruangan dengan paparan cahaya matahari maksimal. Bukan tanpa alasan, pasalnya jika lansia ikut masuk dalam kehidupan kita yang maish serba aktif bisa saja meningkatkan kemungkinan penularan.

Bantu ketersediaan sandang, papan, dan pangan lansia

Sementara lansia diisolasi dengan kondisi yang baik, pastikan juga kita menjadi pihak yang membantu ketersediaan sandang, papan, dan pangan mereka. Saat ini ruang gerak dan hak mereka untuk menikmati hidup memang agak terbatas tapi tentu saja semua dilakukan untuk kebaikan bersama hingga pandemi corona surut dan berakhir.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Meskipun begitu, komunikasi yang baik tetap dibutuhkan agar langkah ini berjalan dengan lancar. Semoga masalah COVID – 19 dapat dengan segera diselesaikan sehingga kita bisa hidup dengan kondisi awal yang menyenangkan. Jangan lupa, sebarkan selalu semangatmu pada mereka yang lansia.

Related Articles

Back to top button