Sedekah

Sedekah Kala Sempit Melatih Kesabaran di Tengah Ujian Kehidupan

Kerap kali merasa putus asa dalam kehidupan? Beragam tujuan sudah direncanakan namun pada kenyataannya pelaksanaan sering tidak sesuai harapan? Ya, tentu untuk bisa melakukan beragam tujuan ini dibutuhkan kesabaran luar biasa. Ya, bukan tanpa alasan. Baik tujuan hidup untuk dunia, akhirat, ataupun kepentingan orang lain masing – masing memiliki tantangan tersendiri.

Sabar menjadi pondasi utama agar manusia dapat bertahan dari segala macam perubahan situasi dan kondisi yang memengaruhi kehidupannya. Untuk itu ada baiknya kita sedini mungkin melatih diri untuk terbiasa mengolah kesabaran. Bagaimana caranya? Yuk, coba bersedekah. Tentu Kawan pernah mendengar anjuran bersedekah di kala sempit bukan?

Tepat sekali, hal tersebut merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk melatih kesabaran. Bayangkan, di tengah situasi kehidupan yang tidak pasti bahkan pada titik terendah (read: di masa pandemi) kita ditantang untuk bisa bersedekah. Apakah bisa? Tentu saja bisa jika kita membiasakan diri bertakwa pada Allah SWT dan meniatkan sedekah hanya untuk-Nya.

Niscaya, Allah SWT akan mengembalikan sedekah kita 10 kali lipat. Hal tersebut termasuk juga rasa bahagia dan syukur yang kita dapatkan atas kemampuan kita saat diuji kesabaran melalui masa sulit kehidupan. Dengan begitu, dunia kini bukan lagi tujuan kita karena kenyamanan yang sebenarnya adalah saat hati merasa lapang dan ikhlas mengeluarkan sedekah.

Related Articles

Back to top button