Yatim dan Dhuafa

Pertolongan Allah SWT Dalam Segala Hal Bagi Insan yang Mengasihi Anak Yatim

Peduli pada anak yatim sejatinya perlu dilakukan dalam langkah nyata. Hal tersebutlah yang kelak akan mendatangkan kebaikan pada diri kita terutama pertolongan langsung dari Allah SWT. Ya, pertolongan tersebut akan datang dalam segala bentuk kebaikan.

Salah satunya adalah diringankan dan dihilangkannya segala macam kesulitan dan kesusahan baik saat manusia tersebut hidup di dunia maupun di akhirat kelak. Hal ini sebagaimana dinyatakan dalam Hadist Riwayat Muslim dan Ashhabus Sunan dari Abu Hurairah yang berbunyi:

“Barangsiapa yang menghilangkan kesusahan orang mukmin di dunia maka Allah akan menghilangkan kesusahannya di dunia dan akhirat. Barangsiapa yang meringankan kesulitan orang mukmin di dunia maka Allah akan meringankan kesulitannya di dunia dan akhirat. Dan barangsiapa yang menutupi aib orang muslim maka Allah akan menutupi aibnya di akhirat. Allah akan menolong hamba-Nya selama hamba itu menolong saudaranya.”

Demi mendapat keutamaan itu, seorang Mukmin sudah sepatutnya saling tolong menolong antar sesama Mukmin lainnya. Namun, tentu aja akan mendatangkan pahala berlebih jika pertolongan itu diutamakan pada golongan anak yatim.

Selain menyantuni dalam bentuk materi, anak yatim juga berhak menerima kasih sayang kita sebagai bentuk pengganti kasih sayang ayahnya. Hal ini juga merupakan upaya yang dianjurkan oleh Rasulullah Muhammad SAW sebagaimana Beliau memperlakukan yatim layaknya keturunan sendiri.

Related Articles

Back to top button