Kemanusiaan

Penerapan Sopan Santun Menurut Pandangan Islam

Sopan santun sering kali kita dengar sebagai salah satu cara yang dilakukan dalam bergaul antar sesama. Hal ini juga menjadi salah satu kebiasaan yang telah secara turun menurun diterapkan oleh masyarakat Indonesia. Nyatanya, agama Islam juga mengajarkan hal yang sama.

Sopan santun diterapkan sebagai salah satu upaya terpeliharanya hubungan persaudaraan. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al – Qur’an,

“Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu, yang sepadan) dengannya. Sungguh, Allah memperhitungkan segala sesuatu.” (QS. An – Nisa ayat 86)

Allah Ta’ala memerintahkan untuk dapat berlaku sopan santun dengan sesama. Cara yang dianjurkan adalah dengan melakukan penghormatan atau yang kita kenal juga dengan istilah salam. Melakukan salam serta membalasnya adalah perilaku yang sangat dianjurkan.

Bukan tanpa alasan, pasalnya ada doa yang terkandung dalam ucapan salam. “Assalamualaikum” memiliki arti “semoga keselamatan terlimpah padamu”. Sementara “Assalamualaikum warahmatullah” berarti “semoga Allah melimpahkan keselamatan serta rahmat – Nya padamu”.

Related Articles

Back to top button