Kemanusiaan

Ini Hal Terbaik dalam Islam yang Perlu Kita Pelihara

Dalam menjalani hidup dan beribadah pada Allah Subhanahu wa Ta’ala, seseorang tentu kerap kali menghadapi tantangan. Tidak jarang, hal ini bisa saja mengubah pandangan dan juga sikap mereka sehingga tak lagi teguh pada pendiriannya. Sangat disayangkan apa bila kondisi ini harus terjadi. Bukan tanpa alasan, pasalnya ia telah meninggalkan hal terbaik dalam Islam yakni keistiqamahan.

Dari Abu ‘Amr—ada yang menyebut pula Abu ‘Amrah—Sufyan bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

“Aku berkata: Wahai Rasulullah katakanlah kepadaku suatu perkataan dalam Islam yang aku tidak perlu bertanya tentangnya kepada seorang pun selainmu.” Beliau bersabda, “Katakanlah: aku beriman kepada Allah, kemudian istiqamahlah.” (HR Muslim)

Hadist di atas menjelaskan tentang pentingnya keberadaan sifat istiqamah dalam diri seseorang. Istiqamah secara bahasa memiliki arti lurus. Sementara dalam istilah dapat diartikan sebagai sikap yang mampu menjaga perbuatan agar tetap lurus dan tidak tergoda untuk berubah karena sesuatu hal. Dalam ajaran agama Islam, istiqamah erat dikaitkan dengan keteguhan menjaga iman dan takwa pada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Lantas, apa yang bisa diperbuat untuk dapat tetap istiqamah? Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjalani perintah Allah sekaligus menjauhi larangan- Nya. Kelak hal tersebut akan memengaruhi seluruh sikap dan kebiasaan seseorang. Hatinya akan terpatri pada hal baik saja, sehingga prasangka buruk tak akan menghinggapi pikiran mereka. Begitulah sejatinya orang yang mampu memelihara sifat istiqamah dalam dirinya.

Related Articles

Back to top button