Pendidikan

Agar Anak Sukses Dunia Akhirat: Ajarkan Sholat Sedini Mungkin

Dalam Islam, sholat merupakan tiang agama. Ibadah wajib ini pulalah yang kelak menjadi amalan paling pertama dihitung di akhirat. Sholat juga merupakan cara seseorang menjaga hatinya agar selalu mengingat Allah. Begitu banyak keutamaan ibadah ini hingga penting bagi kita untuk mengajarkannya sedini mungkin pada anak. Ya, sholat adalah kunci agar anak tak hanya sukses di dunia saja tapi juga di akhirat.

Sebagaimana dalam Al – Qur’an Allah SWT berfirman,

“Bacalah Kitab (Al-Qur’an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (shalat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al – ‘Ankabut: 45)

Melalui ayat di atas, Allah menjelaskan bahwasanya sholat berfungsi untuk mencegah seseorang dari perbuatan keji dan mungkar. Bahkan, sholat memiliki keutamaan yang lebih besar dibandingkan dengan ibadah lainnya. Hal ini pulalah yang sejatinya menjadi alasan mengapa penting bagi kita untuk mengajarkan sholat pada anak sedini mungkin. Ya, melalui sholat anak akan terbiasa merasa takut sekaligus dekat dengan Allah.

Kelak, mereka akan sekuat tenaga menjauhkan diri dari perbuatan hina. Mengingat begitu pentingnya manfaat sholat, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa Sallam pun meninggalkan pesan pada umatnya untuk sesegera mungkin mengajarkan sholat pada keturunan mereka. Sebagaimana dalam suatu hadist beliau bersabda,

“Ajarilah anak shalat di usia 7 tahun.” (HR Tarmidzi)

Dari hadist di atas dapat kita ketahui bahwasanya kewajiban sholat sudah harus diajarkan semenjak anak berusia 7 tahun. Di usia ini, pola pikir seorang anak sudah semakin berkembang. Maka dari itu, kewajiban sholat sudah harus menjadi salah satu rutinitas yang ia lakukan sehari – hari. Sebagai orang tua kita dapat memberikan contoh ibadah wajib ini pada anak. Manfaatkan ruang keluarga di rumah untuk melakukan sholat berjamaah agar anak tahu bahwa sholat adalah bagian penting dari dirinya.

Related Articles

Back to top button