Pendidikan

3 Hal yang Bisa Dilakukan Mahasiswa Saat Penerapan Sistem Sidang dan Wisuda Online

Pandemi COVID – 19 membawa cerita tersendiri bagi setiap sisi kehidupan. Salah satu hal yang paling unik terjadi datang dari dunia pendidikan. Kali ini memang tak seperti biasanya karena mahasiswa tahun akhir harus menggelar sidang sekaligus wisuda online.

Meski sejatinya tak terlalu berbeda dengan sidang dan wisuda biasanya namun tetap saja ada beberapa hal yang perlu mahasiswa perhatikan dan diambil pelajaran. Apa saja kira – kira?

Hindari rasa malas akibat sistem online

Sistem online yang dijalankan pada dunia pendidikan membuat partisipannya harus melakukan segala kegiatan dari rumah. Oleh karena itu, pastikan hal ini tidak merubah sedikit pun jadwal dan kebiasaan yang dilakukan saat sistem normal terjadi. Bukan tanpa alasan, jika terlalu menganggap sistem yang tengah dijalankan ini bisa jadi mahasiswa terlalu santai dan tidak sigap dengan tugas yang ada.

Pengeluaran lebih sedikit, manfaatkan sebaik mungkin

Nihilnya belajar tatap muka di ruangan dan juga wisuda tentu saja akan mengirit biaya. Kesempatan ini ada baiknya jika dimanfaatkan dengan benar. Tabung semua biaya yang sudah dipersiapkan sebagai modal mencari kerja atau mungkin membangun bisnis kecil – kecilan di rumah. Hal ini tentunya sangat bermanfaat lho terutama untuk dapat tetap bertahan hidup di masa pandemi.

Manfaatkan waktu luang saat di rumah saja untuk mempersiapkan hal selanjutnya

Jika Kawan baru lulus kuliah, ini merupakan momen tepat untuk bisa mempersiapkan segala hal berkaitan dengan dunia kerja. Cari tahu sebanyak mungkin hal terkait pekerjaan yang diminati. Persiapkan fisik dan juga mental dengan mulai merubah kebiasaan yang tidak penting. Biasakan diri tidur lebih awal karena tentu akan sulit bagi mahasiswa memulai rutinitas yang baru.

Related Articles

Back to top button