Yuk Ketahui Rumus Sedekah Ramadhan A La Rasulullah

Sedekah

Yuk Ketahui Rumus Sedekah Ramadhan A La Rasulullah

Sedekah adalah salah satu perbuatan baik yang sangat dianjurkan dalam ajaran agama Islam. Amalan ini bahkan menjanjikan beragam keberkahan terutama jika dilakukan selama bulan suci Ramadhan. Rasulullah Muhammad SAW tak pernah luput memanfaatkan momen ini untuk secara rutin memberi manfaat pada mereka yang membutuhkan.

Bahkan beliau merupakan salah satu orang yang paling gemar memberi dan semakin dermawan saat datangnya bulan Ramadhan. Dalam suatu hadist, pernah diriwayatkan:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus.” (HR. Bukhari, no.6)

Hadist di atas menyatakan bahwa sejatinya Rasulullah telah menganjurkan para umat untuk dapat membiasakan diri bersedekah selama bulan Ramadhan. Kemampuan Rasul dalam memberi pada orang lain bahkan diibaratkan seperti kencangnya angin yang berhembus. Ini berarti beliau begitu ringan tangan dalam membantu sesama bahkan mungkin tanpa pernah berpikir dahulu.

Sebagai pengikutnya, sudah sepatutnya bagi kita untuk dapat meneladani kebiasaan Rasulullah ini. Memberi secara terus menerus terutama di bulan suci Ramadhan sangatlah diutamakan. Bahkan jika memungkinkan kebiasaan sedekah pada momen ini harusnya melebihi bulan – bulan lainnya, lebih sering, lebih banyak, dan lebih bermanfaat.

Back To Top