Kesehatan

Tips Mudah Agar Tubuh Tetap Sehat Selama Menjalankan Ibadah Puasa

Bulan Ramadhan menjadi salah satu momen yang cukup ditunggu – tunggu oleh kebanyakan umat Muslim. Selain dipenuhi dengan beragam kebaikan, bulan suci ini nyatanya membawa kebahagiaan tersendiri bagi setiap keluarga terutama saat momen berbuka tiba. Kebersamaan saat berbuka puasa bersama merupakan hal yang sangat dinantikan.

Sayangnya, hal tersebut justru sering kali menimbulkan masalah kesehatan baru. Kesan ‘aji mumpung’ saat berbuka puasa menjadi alasan di balik hal tersebut. Ya, meski telah seharian penuh menahan lapar dan dahaga bukan berarti kita bisa seenaknya menyantap berbagai menu takjil. Dari pada kalap dan membuat diri kita rugi saja, yuk terapkan tips menjaga kesehatan di bawah ini selama berpuasa.

Tidak makan berlebihan

Momen berbuka dan sahur adalah saat yang diberkahi oleh Allah SWT. Bahkan Allah memerintahkan kita untuk segera membatalkan puasa saat adzan Maghrib tiba. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa kita tak sekedar menyantap seluruh menu berbuka yang tersaji.

Beri batasan dan makanlah sesuai kebutuhan. Selain merupakan anjuran Nabi Muhammad SAW, tidak makan berlebihan dapat membantu tubuh kita untuk tetap sehat. Bahkan, kita juga perlu memerhatikan asupan yang dikonsumsi untuk menghindari kemungkinan tubuh menimbun lemak baru.

Pastikan kebutuhan air tetap terjaga

Berpuasa seharian memungkinkan tubuh kita terkena dehidrasi. Bagaimana tidak? Selama hampir 12 jam penuh kita diwajibkan untuk menahan haus dan lapar. Oleh karena itu, saat waktu berbuka tiba pastikan bahwa kita memenuhi kebutuhan air putih terlebih dahulu.

Kawan bisa membatalkan puasa dengan meneguk segelas air putih. Air kelapa hijau tanpa tambahan gula juga baik untuk dikonsumsi. Pasalnya, jenis minuman yang satu ini memiliki kandungan elektrolit yang baik untuk mengembalikan kondisi kita sekaligus menghindari kemungkinan dehidrasi.

Usahakan untuk menunaikan ibadah sholat tarawih

Jika di saat momen berbuka puasa kita cukup kalap dalam menyantap makanan, pastikan bahwa Kawan menyiasatinya dengan menunaikan sholat tarawih. Ya, ibadah ini memungkinkan kita untuk tetap aktif bergerak. Hal tersebut tentu dapat membantu tubuh mencerna seluruh makanan yang dikonsumsi.

Dengan begitu kemungkinan tubuh menimbun lemak dapat dihindari. Tidak hanya itu Kawan, sholat tarawih juga bisa menjadi pengganti olah raga lho selama bulan puasa berlangsung. Kesehatan tubuh yang tetap terjaga bukan tidak mungkin kan tetap menjadi milik kita?

Related Articles

Back to top button