Tahkim, Upaya Mediasi Guna Mendatangkan Perdamaian dari Pihak yang Berselisih

Kemanusiaan

Tahkim, Upaya Mediasi Guna Mendatangkan Perdamaian dari Pihak yang Berselisih

Menyelesaikan konflik mungkin bukanlah suatu perkara yang mudah. Oleh karena itu perlu diawali terlebih dahulu dengan melakukan tabayyun, yakni upaya mencari tahu penyebab utama dari perselisihan yang timbul. Selain dapat meluruskan informasi yang simpang siur, tabayyun juga merupakan bentuk upaya menglarifikasi konflik yang sebenarnya tengah terjadi.

Sayangnya, jika langkah ini tak juga mampu menjelaskan duduk permasalahan maka diperlukan cara lain untuk menyelesaikannya. Langkah lanjutan dari upaya tabayyun dikenal dengan sebutan tahkim atau bermediasi. Dalam hal ini, diperlukan pihak ketiga untuk turut berperan serta sebagai mediator yang bertujuan untuk mendamaikan.

Anjuran ini tentunya sesuai dengan perintah yang Allah tetapkan dalam Al – Qur’an. Sebagaimana Ia berfirman:

“Dan jika kamu khawatir terjadi persengketaan antara keduanya, maka kirimlah seorang juru damai dari keluarga laki-laki dan seorang juru damai dari keluarga perempuan. Jika keduanya (juru damai itu) bermaksud mengadakan perbaikan, niscaya Allah memberi taufik kepada suami-istri itu. Sungguh, Allah Mahateliti, Maha Mengenal.” (QS. An – Nisa ayat 35)

Merujuk pada ayat di atas, langkah penyelesaian konflik dapat dilakukan dengan upaya mendamaikan kedua belah pihak yang berselisih. Hakam atau yang lebih dikenal dengan mediator hendaknya didatangkan dari kedua belah pihak. Tugas dari seorang hakam atau mediator adalah memahami duduk permasalahan termasuk juga sebab musabab yang mengiringi.

Hakam sendiri juga dapat didatangkan dari pihak luar yang terkenal bijaksana sehingga tidak memihak salah satu sisi saja. Ia diharapkan mampu membuka jalan bagi kedua belah pihak yang berselisih untuk sesegera mungkin berdamai. Jika konflik masih terus berlanjut, hakam atau mediator dapat digantikan hingga tiga kali atau mencapai hasil akhir yang sesuai harapan satu sama lain.

Back To Top