Ramadhan Tiba, Ini 3 Amalan Ringan yang Bisa Diajarkan pada Buah Hati

Pendidikan

Ramadhan Tiba, Ini 3 Amalan Ringan yang Bisa Diajarkan pada Buah Hati

Bulan Ramadhan merupakan momen terbaik bagi kita untuk bisa merutinkan amalan – amalan sunah yang ringan. Pasalnya, di waktu luar biasa ini setiap perbuatan baik akan diganjar pahala yang besar oleh Allah SWT. Oleh karena itu, jangan sampai momen ini hanya dimanfaatkan oleh kita saja. Yuk, ajak buah hati untuk semakin mengenal Tuhannya dengan memperkenalkan mereka pada 3 amalan ringan ini.

Memulai aktifitas dengan basmallah dan diakhiri dengan hamdallah

Salah satu hal yang membuat aktifitas kita lancar adalah dengan menyertai Allah SWT di setiap langkah yang kita ambil. Buah hati juga perlu memahami makna ini agar kelak ia dapat mengendalikan hidup sesuai dengan jalan yang diberkahi Allah. Oleh karena itu, ajarkan pada mereka untuk selalu mengucapkan basmallah sebelum memulai aktifitas sekaligus mengakhirinya dengan hamdallah.

Menghargai kumandang adzan sebagai bentuk panggilan ibadah

Adzan merupakan pertanda datangnya waktu sholat. Saat muadzin mengumandangkannya, terdapat seruan atau ajakan bagi kita untuk segera menunaikan ibadah wajib tersebut. Kita perlu menghargainya dengan segera menghentikan aktifitas apapun yang tengah dilakukan. Ajarkan hal ini pada buah hati agar mereka memahami makna terdalam dari panggilan adzan.

Berlatih menjadi makmum dan mengamini imam saat sholat

Saat pandemi virus corona melanda, ibadah sholat berjamaah di masjid menjadi sedikit terkendala. Sebagai jalan keluarnya kita bisa mulai untuk melaksanakan sholat berjamaah di rumah saja. Ayah menjadi imam, dan ibu dapat ajarkan anak untuk ikut serta. Jangan lupa, lengkapi amalan ini dengan mengamini imam setelah selesai membaca Surah Al – Fatihah agar dosa – dosa diampuni Allah SWT.

Back To Top