Kesehatan

Mengenal Hipotensi dan Gejala yang Mungkin Dirasakan

Sering mengalami pusing dan lemas tanpa sebab? Hati – hati bisa jadi Kawan tengah mengalami hipotensi. Ya, hipotensi atau yang sering kita dengar dengan sebutan darah rendah adalah kondisi dimana tekanan darah berada di bawah 90/60mmHg. Sementara dalam kondisi normalnya, tekanan darah seharusnya berada antara 90/60mmHg sampai 120/80mmHg.

Melansir Aldokter, hipotensi sendiri sejatinya terjadi karena dipengaruhi oleh beragam hal. Bahkan tekanan darah rendah yang mungkin kita alami bisa saja terbilang normal. Namun, tentu harus mendapatkan perhatian lebih jika hipotensi disebabkan oleh penyakit tertentu. Beberapa penyakit yang mungkin menyebabkan seseorang mengalami tekanan darah rendah adalah sebagai berikut:

  1. Diabetes dan penyakit tiroid – menyebabkan ketidakseimbangan dan menurunnya kadar hormone sehingga memicu tekanan darah rendah
  2. Penyakit jantung – adanya gangguan yang menyebabkan jantung tidak dapat memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh
  3. Reaksi alergi – pemicu alergi pada seseorang dapat menimbulkan reaksi yang parah dan menimbulkan dampak pada menurunnya tekanan darah

Meski tidak terbilang berbahaya, namun hipotensi pada beberapa orang dengan kondisi tertentu bisa saja menimbulkan beberapa gejala. Hal yang mungkin dirasakan adalah pusing, mual dan muntah, lemas, pandangan menjadi buram, konsentrasi berkurang, tubuh linglung dan terasa tidak stabil, sesak napas, hingga pingsan. Hubungi tim medis terdekat jika hipotensi yang dialami menimbulkan syok dan membahayakan nyawa.

Related Articles

Back to top button