Kemanusiaan

Memahami Ukhuwah Islamiyah Melalui Pengertian Sederhana

Konsep ukhuwah memang cukup terkenal di kalangan umat Muslim. Makna utamanya terletak pada aksi memerhatikan satu sama lain guna mendukung kokohnya tali persaudaraan. Ukhuwah nyatanya memiliki 3 turunan makna yang mencakup berbagai tujuan. Salah satu yang paling terkenal adalah konsep ukhuwah islamiyah. Tentu Kawan sudah sering mendengarnya bukan?

Ukhuwah islamiyah memiliki arti tentang jalinan persaudaraan atas dasar keislaman. Dengan kata lain, konsep ini bekerja dalam hubungan antar sesama pemeluk agama Islam. Ajaran utamanya sering kali mengedepankan makna bahwa antara Muslim dengan Muslim lainnya adalah saudara. Tidak ada hal yang membedakan satu Muslim dengan yang lainnya.

Baik itu latar belakang keturunan, kebangsaan, status sosial, tingkat perekonomian bukanlah menjadi penghalang bagi umat Muslim untuk mencintai Muslim lainnya. Allah SWT memandang seluruh hamba sama dalam kedudukan. Yang membedakan mereka satu sama lain hanyalah tingkat keimanannya saja. Oleh karena itu, kita sebagai hamba yang taat sangat wajib untuk menjunjung tinggi konsep ini.

Fungsinya tak lain dan tak bukan hanyalah semata – mata untuk memperkuat hubungan umat Muslim. Baik tidaknya tali silaturahmi menentukan masa depan dan ketahanan umat dalam menghadapi tantangan kehidupan. Jadi, sebagai salah satu Muslim yang taat penting bagi kita untuk juga bisa memperhatikan dan menerapkan konsep persaudaraan ini dalam hidup sehari – hari.

Related Articles

Back to top button