Sedekah

Keutamaan Sedekah di Bulan Haram: Dicintai Allah Subhanahu wa Ta’ala

Sedekah di bulan-bulan haram adalah amalan terbaik yang bisa dilakukan oleh umat Islam. Keutamaannya bahkan dapat mendatangkan cinta dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Hal ini lantaran Allah memandang sedekah tersebut sebagai bentuk ketakwaan yang kita lakukan baik dalam keadaan lapang terlebih lagi sempit.

Sebagaimana diketahui dalam al-Qur’an bahwasanya Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan Rabb-mu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa.

(Yaitu) orang-orang yang menginfakkan (hartanya) baik di waktu lapang maupun sempit dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS. Ali Imran: 133-134)

Sedekah di jalan Allah adalah amalan yang luar biasa. Allah Subhanahu wa Ta’ala akan menurunkan ampunan-Nya pada mereka yang tidak segan menyisihkan harta dalam keadaan apa pun untuk dipergunakan memenuhi kebutuhan sesama yang kekurangan. Tidak hanya itu, Allah juga akan membuka pintu Surga seluas-luasnya bagi mereka yang tak berpikir dua kali dalam melakukan hal tersebut.

Begitulah sejatinya kebaikan bersedekah di bulan haram. Mereka termasuk dalam golongan orang-orang yang bertakwa. Terlebih lagi jika mereka mampu melakukannya dengan senantiasa menahan rasa amarah dan senang memaafkan kesalahan orang lain. Cinta Allah Subhanahy wa Ta’ala adalah sepenuhnya milik mereka yang bertakwa.

Related Articles

Back to top button