Kesehatan

Ketahui Kandungan Pembasmi Kuman Terbaik Sebelum Memilih Sabun Cuci Tangan

Dalam upaya menangkal penularan virus corona, mencuci tangan dengan rutin adalah salah satu hal yang paling dianjurkan. Setidaknya aktifitas tersebut harus dilakukan selama kurang lebih 20 menit. Bahkan guna mencapai manfaat maksimal, terdapat pula aturan terkait gerakan mencuci tangan yang baik. Mulai dari telapak, punggung, hingga jemari diwajibkan terkena sabun dan bilasan air bersih.

Tidak hanya itu, pemilihan sabun cuci tangan kini juga menjadi hal yang cukup diperhatikan. Dilansir melalui Halodoc, guna membasmi serangan kuman dan bakteri yang tak terlihat sabun cuci tangan sebaiknya mengandung beberapa senyawa penting. Salah satu yang utama adalah kandungan surfaktan yang biasa dikenal dengan tulisan Sodium Lauryl Sulfate (SLS).

Surfaktan pada sabun cuci tangan memiliki fungsi untuk mengikat beragam partikel seperti minyak, kotoran, bakteri, dan juga virus agar dapat terbuang dengan baik melalui bilasan air mengalir. Tidak hanya itu, jika memungkinkan pilih juga sabun dengan kandungan antibakteri. Antibakteri pada kemasan sabun biasa ditulis dengan komposisi produk bernama Triclosan (TCS).

Kandungan ini tidak hanya berfungsi untuk menghilangkan tapi juga membunuh kuman dan bakteri sekaligus. Oleh karena itu, sebelum memilih sabun cuci tangan keluarga ada baiknya untuk terlebih dahulu memperhatikan kandungan yang terdapat di dalamnya. Namun, mencuci tangan dengan sabun biasa sejatinya juga sudah cukup untuk menghilangkan kuman selama menerapkan aturan yang tepat.

Related Articles

Back to top button