Kemendikbud Dukung Sekolah Zona Hijau COVID – 19 Gelar KBM Tatap Muka

Pendidikan

Kemendikbud Dukung Sekolah Zona Hijau COVID – 19 Gelar KBM Tatap Muka

Hampir satu tahun sekolah ‘libur dadakan’, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sepertinya mulai merencanakan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka serentak tahun depan. Melansir kompas.com, rencana tersebut dicanangkan atas dasar untuk mempersiapkan serta mempertahankan mental para siswa dalam menghadapi era new normal pendidikan.

Hingga saat ini, Kemendikbud tak menargetkan jumlah sekolah yang akan berpartisipasi. Bukan tanpa alasan, pasalnya rencana KBM tatap muka harus terlebih dahulu memenuhi satu syarat pasti yakni berada di Zona Hijau COVID – 19. Terkait hal ini, pihaknya mengaku akan mendukung sekolah manapun yang berada di zona tersebut untuk merencanakan serta menggelar KBM tatap muka tahun depan.

Demi mendukung terlaksananya rencana ini, Jumeri selaku Dirjen PAUD Pendidikan Dasar Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan bahwa kelak aka nada sekolah yang ditunjuk sebagai percontohan pelaksanaan KBM tatap muka. Tentu saja, sekolah tersebut sudah harus benar – benar memiliki fasilitas protokol kesehatan yang lengkap.

Tidak hanya itu, penerapan kebijakan protokol kesehatan juga harus dilakukan dengan ketat. Hal ini dilakukan bukan tanpa sebab. Kemendikbud berharap sekolah percontohan yang terpilih dapat memberikan gambaran yang baik agar sekolah lain bisa memiliki bayangan terkait persiapan fasilitas KBM tatap muka yang tepat.

Meskipun begitu, pihaknya juga menyatakan bahwa kelak akan dilakukan pengambilan keputusan darurat jika ternyata terdapat kenaikan angka kasus COVID – 19 pada daerah penyelenggara KBM tatap muka. Salah satu contohnya adalah dengan menghentikan kegiatan tersebut dan terpaksa harus kembali menutup sekolah hingga saat yang belum dipastikan.

Back To Top