Juli Mendatang Kemendikbud Pastikan Pembelajaran Tatap Muka Tak Lagi Ditunda

Pendidikan

Juli Mendatang Kemendikbud Pastikan Pembelajaran Tatap Muka Tak Lagi Ditunda

Meski angka kasus COVID – 19 sempat meningkat pasca libur lebaran kemarin, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sepertinya tidak lagi akan menunda rencana pembelajaran tatap muka (PTM). Ya, seperti yang telah diwacanakan PTM di masa pandemi sendiri akan berlangsung bulan Juli mendatang. Melansir CNN Indonesia, mantan pendiri perusahaan start – up tersebut membenarkan sekaligus bersikeras untuk segera merealisasikan rencana yang telah diupayakan sejak lama ini.

Bagaimana tidak? Menurutnya penundaan PTM dikhawatirkan dapat berdampak panjang tak hanya bagi para siswa saja tapi juga sumber daya manusia Indonesia di masa yang akan datang. Pihaknya pun  menambahkan bahwa pembukaan sekolah kembali tidak sama sekali mengabaikan kekhawatiran para orang tua siswa. Oleh karena itu, Nadiem memastikan bahwa pemerintah akan menerbitkan panduan yang dapat dimanfaatkan setiap sekolah sebagai bekal sebelum resmi menggelar PTM.

Tidak hanya itu, gelaran PTM juga tentu saja harus terlebih dahulu menyudahi proses vaksinasi terhadap seluruh penyelenggara pendidikan. Nadiem berharap bahwa hal tersebut dapat segera dipenuhi paling lambat bulan Agustus mendatang. Terdapat pula beberapa syarat yang harus diikuti oleh sekolah yang akan berencana membuka tahun ajaran baru kembali. Salah satunya adalah mendapatkan izin dari pemerintah daerah setempat sekaligus memenuhi daftar periksa Kemendikbud Ristek.

Back To Top