Sedekah

Istiqomah Bersedekah Meski Ramadhan Tak Lagi Singgah

Bulan Ramadhan memang terkenal penuh keistimewaan. Limpahan pahala ketika seseorang semakin banyak bersedekah adalah balasan yang pasti diterima. Namun, memastikan bahwa kebiasaan ini tetap terjaga usai bulan suci dilewati tentu saja menjadi hal baik yang patut dilakukan. Allah Subhanahu wa Ta’ala akan mengaruniakan pahala berlipat-ganda bagi hamba-Nya yang istiqomah dalam bersedekah.

Di sisi lain, tetap menjaga kebiasaan baik sedekah nyatanya juga mampu menjadi alasan dikabulkannya permohonan yang telah lama kita panjatkan pada Allah Ta’ala. Hal ini sebagaimana diketahui dalam sebuah hadits bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wassalaam bersabda,

Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain.” (HR. Ahmad)

Hadist di atas menjelaskan tentang salah satu keutamaan istiqomah dalam beribadah. Allah akan mengabulkan setiap permohonan hamba-Nya yang senantiasa memelihara aktifitas sedekahnya. Tidak hanya itu, Allah Ta’ala juga berjanji akan menghilangkan setiap kesusahan yang dialami oleh mereka. Tentu saja, hal ini sejatinya merupakan balasan indah bagi orang-orang yang ahli dalam memelihara kebiasaan sedekah.

Maka dari itu, hendaknya kita tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian ketika berbagi pada sesama yang tengah membutuhkan. Allah Azza wa Jalla Maha Mengetahui setiap niat yang tertanam dalam hati hamba-Nya. Hanya mereka yang melakukannya dengan hati paling tuluslah yang akan meraup pahala sekaligus balasan terbaik bagi kehidupan mereka di dunia maupun akhirat kelak.

Related Articles

Back to top button