Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Orang Tua Sebelum Target Pembelajaran Tatap Muka Dilaksanakan

Pendidikan

Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Orang Tua Sebelum Target Pembelajaran Tatap Muka Dilaksanakan

Bersamaan dengan jadwal terselenggaranya tahun ajaran baru dan selesainya jadwal vaksinasi tenaga pendidikan, baik pemerintah pusat nasional maupun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia sama – sama menargetkan terlaksananya pembelajaran tatap muka awal Juli mendatang. Dapat diketahui, tersisa waktu kurang lebih 4 bulan lagi untuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan guna menunjang rencana tersebut.

Perihal kebijakan protokol kesehatan, SOP pembelajaran tatap muka, hingga sarana dan fasilitas penunjang semuanya tentu saja tengah dipersiapkan secara matang oleh masing – masing pemangku kepentingan. Namun yang pasti, ada hal yang lebih penting untuk dipersiapkan yakni sosialisasi pembelajaran tatap muka oleh baik wali murid dan muridnya sendiri.

Ya, pemahaman tentang pembelajaran tatap muka harus bisa diterima baik oleh kedua belah pihak. Sebagai orang tua, sudah sepatutnya agar kita bisa mendukung pemerintah dalam pelaksanaan rencana ini. Apa yang perlu dipersiapkan? Salah satunya tentu saja perihal kesadaran diri bahwa pendidikan di Indonesia harus bangkit sesegera mungkin.

Melalui dorongan ini, wali murid diharapkan mampu mendukung penuh buah hati mereka dalam melakukan mekanisme pendidikan gaya baru. Dalam hal ini orang tua juga diminta agar bisa mempersiapkan baik fisik maupun mental anak dalam menghadapi pembelajaran tatap muka. Tidak hanya itu, orang tua juga perlu mengecek secara berkala bagaimana buah hati beraktifitas.

Hal ini bertujuan untuk memantau perkembangan anak selama menjalani metode pembelajaran new normal. Penghapusan waktu istirahat, pelarangan untuk kumpul – kumpul, dan juga pengurangan materi seperti olahraga adalah beberapa hal yang perlu dimengerti kondisinya oleh para siswa. Dengan begitu, mereka diharapkan dapat tetap terjaga dari kemungkinan penyebaran virus corona sehingga pembelajaran tatap muka kelak dapat berjalan dengan baik.

Back To Top