Ganjaran Ganda Bagi Mereka yang Senang Bersedekah pada Kerabat

Sedekah

Ganjaran Ganda Bagi Mereka yang Senang Bersedekah pada Kerabat

Anjuran bersedekah kerap kali diperuntukan pada kaum dhuafa sebagai pihak yang paling membutuhkan. Meski memang benar, namun sejatinya bersedekah bisa menghadirkan pahala ganda jika dilakukan pada kerabat dekat kita lho. ‘Masa iya sih?’, ‘Kok bisa?’, ‘Bagaimana akan dapat pahala jika sedekah diberikan pada orang yang berkecukupan?’ Tentu Kawan sempat berfikir seperti itu kan?

Wajar saja jika ada sebagian dari Kawan yang berpendapat demikian. Namun sejatinya, melakukan hal tersebut tidak hanya akan mendapatkan pahala sedekah saja lho. Ada hal yang lebih penting dibanding memberikan sebagian rejeki kita. Rasulullah Muhammad SAW terkait hal ini pernah bersabda,

“Sedekah kepada orang miskin hanyalah sedekah, sedangkan sedekah pada kerabat akan mendapatkan dua ganjaran, yaitu ganjarang sedekah dan ganjaran silaturahmi.” (HR. Tirmidzi no. 658)

Berdasarkan hadist di atas bisa kita simpulkan bahwasanya dibalik perbuatan sedekah pada kerabat ada makna yang lebih mendalam, yaitu mempererat hubungan silaturahmi. Terlebih lagi jika kerabat kita adalah mereka yang tergolong miskin atau memiliki hutang yang menumpuk tentu kedatangan kita akan membawa keberkahan tersendiri bagi mereka dan keluarganya.

Atas dasar hal inilah maka Rasulullah menganjurkan kebaikan bersedekah pada kerabat dekat. Selain akan menerima pahala mulia dari Allah SWT, langkah ini juga merupakan upaya untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan antar umat Muslim. Wah, sangat mengagumkan ya Kawan manfaat yang bisa kita dapatkan ini? Yuk rencanakan kunjungan kalian ke rumah kerabat akhir pekan nanti.

Back To Top