Pendidikan

Cara Mudah Perkenalkan Konsep Doa Sedini Mungkin pada Anak

Memiliki buah hati memang membutuhkan tanggung jawab yang begitu besar. Tak hanya kewajiban untuk merawat serta memenuhi kebutuhan sehari – harinya saja, pendidikan dasar dalam segala hal juga patut untuk diperkenalkan. Salah satu hal dasar yang cukup penting dipahami seorang anak adalah keberadan Allah SWT dalam hati dan kehidupannya.

Ya, hal ini dapat kita lakukan dengan beragam cara sebut saja berdoa. Namun, mengingat usia mereka yang masih sangat dini untuk mengerti konsep tersebut, tentu akan dipenuhi tantangan dalam melakukannya. Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk memperkenalkan anak pada keutamaan berdoa? Berikut cara mudah yang bisa Kawan coba.

Pertama, berikan pengertian bahwa Allah itu ada meski kita tak melihat secara visual keberadaannya. Mungkin hal ini sangatlah membingungkan bagi mereka tapi pastikan mereka paham bahwa keberadaan Allah ada di dalam hati. Ini berarti anak perlu tahu bahwa selama kita mengingatAllah, selama itu pula Ia selalu bersama kita.

Yang kedua, berikan juga pengertian bahwa Allah adalah satu – satunya pemilik dunia. Ini juga sekaligus memberikan pemahaman pada buah hati bahwa tubuh dan nyawa kita atau apa pun yang ada di dunia adalah milik Allah. Dengan begitu, kita bisa mulai menanamkan pengertian tentang doa secara perlahan sekaligus alasan mengapa kita perlu melakukannya.

Terakhir, jelaskan dengan sederhana arti dan tujuan kita berdoa. Berdoa memiliki arti menyampaikan permohonan kita pada Allah SWT. Tujuan dari berdoa adalah agar Allah senantiasa ada bersama kita dan meridhoi apa pun yang kita lakukan. Dengan berdoa, Allah akan mengijinkan hal baik terjadi pada kita sekaligus menjauhkan hal buruk dalam hidup.

Cara ini memang belum tentu menjadi cara paling ampuh agar anak memahami konsep doa. Semua tergantung dari kondisi anak sendiri. Sebagai orang tua kita dapat menyesuaikan caranya dan pastikan melakukannya sesederhana mungkin agar merek tak merasa tertekan dengan kewajiban berdoa. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Articles

Back to top button