Ramadan

Mengenal Malam Lailatul Qadar, Puncak Kemuliaan Ramadhan

Penghujung Ramadhan segera tiba. Hal ini menandakan bahwa kesempatan kita untuk memeroleh kemuliaan di bulan suci ini akan segera berakhir. Oleh karena itu memanfaatkannya dengan memaksimalkan ibadah di malam ganjil adalah hal yang bisa kita lakukan guna mencapai tujuan sebenarnya. Malam Lailatul Qadar disinyalir merupakan puncak dari seluruh keistimewaan Ramadhan.

Kebaikannya bahkan disebut – sebut melebihi 1000 bulan. Hal ini bukanlah tanpa sebab, pasalnya pada malam Lailatul Qadar terdapat peristiwa yang begitu bersejarah bagi umat Muslim. Allah SWT untuk pertama kalinya menyampaikan perintah pada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril. Pada saat yang bersamaan, Nabi tengah menyendiri di Gua Hira – sebuah daerah terpencil.

Di tengah kesendiriannya, malaikat Jibril datang membawa wahyu berupa ajaran dan juga bimbingan dari Allah SWT. Wahyu tersebut diturunkan dalam bentuk ayat yang tertera dalam surat Al – Alaq: 1- 5.

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya,”

Atas teerjadinya peristiwa ini, kehidupan Nabi disebut – sebut berubah total. Umat Muslim bahkan mengenal sejarah ini dengan sebutan malam Lailatul Qadar dimana kebaikannya melebihi 1000 bulan. Barang siapa yang mampu meraihnya, dipercaya akan memeroleh beragam keutamaan. Salah satunya adalah terampuninya dosa – dosa di masa lampau.

Sementara itu, segala macam ibadah yang kita lakukan pahalanya juga akan dilipat – gandakan. Malam Lailatul Qadar juga dipercaya hadir pada malam – malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadhan. Di saat ini, para malaikat juga akan turun mendoakan keselamatan bagi hamba Allah yang senantiasa menjaga ibadahnya hingga terbit fajar datang.

Related Articles

Back to top button