Pendidikan

Anak Terlahir Cerdas, Ini 3 Tanda yang Bisa Diperhatikan

Mengajarkan anak tentang kemampuan dasar memang tidak tergolong mudah. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan. Kemampuan seorang anak menguasai pendidikan dasar tertentu pastinya juga dipengaruhi oleh banyak hal. Latar belakang keluarga, kebiasaan yang diterapkan di rumah, juga cara orang tua berkomunikasi dengan anak adalah beberapa poin yang mendukung hal tersebut.

Namun, tidak semua anak sulit menerima atau menguasai kemampuan dasar lho. Ada beberapa tipe dari mereka yang ternyata telah lahir jenius. Ya, melansir parenting.dream.co.id sebagai orang tua kita dapat memerhatikan 3 tanda di bawah yang mengindikasikan mereka sudah terlahir pintar. Apa saja kira – kira? Cek informasi lengkapnya ya.

Memiliki ibu yang cerdas

Salah satu tanda yang mengindikasikan anak terlahir pintar adalah memiliki ibu yang ternyata juga cerdas. Ya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari Univerity of Ulm di Jerman pada tahun 2016 pernah menyatakan bahwa gen yang memengaruhi kemampuan kognitif seseorang terletak pada kromosom X yang biasanya lebih mungkin dimiliki oleh ibu. Secara tidak langsung dapat diartikan bahwa kepandaian seorang anak diturunkan dari ibunya.

Ukuran kepala anak saat lahir tergolong besar

Sebuah penelitian di Inggris yang tertuang dalam jurnal Molecular Psychiatry menyatakan bahwa bayi yang lahir dengan ukuran kepala cenderung besar, yakni antara 34 – 35 cm lebih mungkin mengungguli tes penalaran verbal – numerik suatu saat nanti. Penelitian ini juga telah melibatkan 100.000 data dari warga Inggris yang didapat melalui UK Biobank.

Cepat menguasai kemampuan membaca

Benar sekali, anak – anak yang memiliki kemampuan membaca bahkan sejak usia dini juga dinilai sebagai anak yang terlahir cerdas. Hasil pemikiran ini juga lahir dari sebuah penelitian yang melibatkan analisis data dari 2000 pasang kembar identik yang dilaksanakan oleh University of Edinburgh dan King’s College London di tahun 2014 silam.

Related Articles

Back to top button