Sedekah

3 Pilihan Sedekah Ringan Ini Ampuh Lengkapi Pahala Ibadah Puasa Kita

Bulan suci yang dinanti akhirnya tiba. Setelah melalui beragam kondisi termasuk sulitnya kehidupan di masa pandemi, Ramadhan seolah mengobati luka yang sempat ada. Kini, saatnya kita memanfaatkan kesempatan yang Allah SWT berikan dengan sebaik mungkin. Salah satu caranya adalah melengkapi ibadah puasa dengan melakukan beragam amalan sedekah.

Berikut beberapa bentuk perbuatan baik yang bisa Kawan lakukan selama di bulan Ramadhan.

Berbagi ilmu agama

Ilmu yang bermanfaat adalah salah satu bentuk amalan yang tak putus walau pun kita telah meninggalkan dunia. Di bulan Ramadhan, pemahaman tentang agama sangatlah dibutuhkan. Jika Kawan memiliki pengetahuan tersebut sangat baik untuk dapat disebarluaskan. Bahkan sangat berguna untuk meluruskan pemahaman yang menyimpang.

Meskipun begitu, hal ini hendaknya perlu perhatian lebih. Rasulullah Muhammad SAW terkait hal ini pernah bersabda,

“Sampaikanlah dariku, meskipun satu ayat.” (HR. Bukhari no. 3461)

Hadist di atas menjelaskan tentang anjuran Rasulullah dalam menyampaikan ilmu yang bermanfaat pada sesama yang membutuhkan. Namun, perlu diketahui ilmu tersebut haruslah berdasar atas hal yang valid yakni sesuai dengan ajaran yang dianjurkan Rasulullah. Hindari mengklaim sesuatu yang belum pasti kebenarannya dan mengatasnamakan Rasul dalam hal tersebut.

Berbagi menu sahur dan ataupun berbuka puasa

Waktu sahur dan berbuka puasa adalah saat yang sangat diberkahi oleh Allah SWT. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Muslim untuk bisa memanfaatkan momen ini dengan bersedekah. Pahala yang bisa didapatkan sangatlah besar terutama jika dilakukan pada anak yatim. Bahkan Rasulullah Muhammad SAW akan memandang kita sebagai orang yang terbaik sesuai dengan hadist berikut,

“Sesungguhnya orang terbaik di antara kalian adalah orang yang memberi makan.” (HR. Thabrani)

Menebarkan salam dan bersilaturahmi dengan sesama

Langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan untuk menimbun pahala sedekah di bulan Ramadhan adalah dengan memperbanyak silaturahmi. Di masa pandemi hal ini bisa dilakukan dengan cara menebarkan salam meskipun melalui ranah virtual.  Ya, sesungguhnya orang yang gemar menebarkan salam kelak akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT sesuai dengan hadist di bawah ini,

“Adapun tiga hal yang dapat mengangkat derajat adalah memberi makan, menebarkan salam, dan mendirikan shalat pada malam hari ketika orang-orang sedang terlelap tidur.”(HR. Ath-Thabrani)

Bagaimana? Sudah siap mengumpulkan pahala setiap harinya?

Related Articles

Back to top button