Ramadan

3 Langkah Praktis Ini Bantu Kita Lebih Siap Hadapi Ramadhan 2021

Ramadhan menjadi bulan yang terasa begitu berbeda bagi umat Muslim. Di momen ini, setiap hal baik yang kita lakukan mendapat jaminan pahala yang luar biasa dari Allah SWT. Tidak jarang, banyak di antara kita yang belomba – lomba untuk dapat memanfaatkan momen ini sebaik mungkin.

Namun, sebagai manusia biasa tentu kita terkadang merasa cukup kaget dalam menghadapi bulan Ramadhan. Bukan tanpa alasan, pasalnya terdapat berbagai peraturan yang memungkinkan kita untuk bisa membatasi beberapa kebiasaan tertentu. Hal ini tentu saja bertujuan agar kita dapat memaksimalkan kesempatan beribadah yang diberikan Allah SWT selama sebulan penuh.

Oleh karena itu, mempersiapkan diri adalah hal terbaik yang bisa kita lakukan. Tak perlu menunggu lama, berikut 3 langkah praktis yang bisa Kawan lakukan untuk mendukung langkah tersebut.

Mengubah perlahan kebiasaan duniawi yang tak bermanfaat

Saat dalam keadaan normal, kita kerap kali menjaga beberapa kebiasaan duniawi yang sejatinya tidak begitu menguntungkan. Beberapa contoh di antaranya adalah begadang, terlalu sering menghabiskan waktu untuk foya – foya, bermain gadget tanpa mengenal waktu, dan juga hal sejenisnya. Selama bulan Ramdhan, sebaiknya hal seperti ini dapat dihindari.

Begadang hanya akan membuat daya tahan tubuh melemah dimana seharusnya kita bisa lebih siap dalam melakukan puasa. Menghabiskan waktu untuk hal yang tak penting juga tak memberikan manfaat apapun. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk secara perlahan menginggalkan kebiasaan ini. Tentunya hal tersebut dimaksudkan agar tujuan Ramadhan kita dapat tercapai maksimal.

Belajar mengatur fokus antara beribadah dan bekerja

Jika selama ini waktu yang kita miliki hanya dihabiskan untuk bekerja saja, maka rugi rasanya jika hal yang sama terjadi pula di bulan suci yang penuh berkah nanti. Ya, cobalah untuk sedini mungkin mengatur waktu dengan baik. Beri jatah untuk menunaikan kewajiban bekerja dan manfaatkan sisanya untuk sepenuhnya beribadah mengharapkan ridha Allah SWT.

Memperbaiki pola makan dan jenis asupan harian

Saat berpuasa, beribadah, dan juga bekerja di bulan Ramadhan kita membutuhkan energi ekstra dalam melakukannya. Oleh karena itu, pastikan bahwa kita mulai memperhatikan pola makan dan jenis makanan yang kita konsumsi sedari sekarang. Hindari makanan yang terlalu manis, berminyak, dan juga berlemak yang mungkin saja dapat menggangu kesehatan. Perbanyak air putih, buah, dan juga sayuran.

Praktis bukan langkah di atas? Jadi, kini tidak ada lagi alasan yang membuat Kawan tak siap menghadapi Ramadhan bukan? Lakukan dengan ikhlas, insya Allah semua akan berjalan dengan lancar.

Related Articles

Back to top button