Kesehatan

3 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menerima Vaksinasi COVID – 19

Vaksinasi menjadi langkah yang ditempuh pemerintah Indonesia dalam menangani penularan COVID – 19 di nusantara. Meskipun begitu, hal ini diketahui belum dapat dilaksanakan secara merata. Pasalnya, penyaluran vaksin harus lebih dulu dilakukan pada orang – orang yang masuk ke dalam kelompok prioritas. Sebelum mendapatkan vaksin pun sejatinya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Tujuannya tentu saja agar penerimaan vaksin dapat berjalan dengan lancar dan kinerjanya pun menjadi lebih maksimal. Jika Kawan telah termasuk ke dalam kelompok prioritas vaksin COVID – 19, berikut beberapa hal yang bisa dipersiapkan sebelum vaksinasi:

Menjaga daya tahan tubuh

Menjaga daya tahan tubuh memiliki manfaat untuk menghasilkan reaksi vaksin yang baik. Salah satu caranya adalah dengan menghindari konsumsi alkohol. Jika penjadwalan vaksin telah ditentukan, hendaknya dapat menghindari konsumsi alkolhol beberapa hari sebelum vaksinasi hingga 2 minggu setelahnya.

Tidak hanya itu, pastikan juga bahwa tubuh berada dalam kondisi bugar. Hindari begadang dan olahraga yang berlebihan. Melakukan aktifitas berat sebelum vaksinasi dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Cukupi kebutuhan istirahat selama 8 jam dan pilih waktu berolahraga yang tepat selama sekitar 20 – 30 menit setiap harinya saja.

Menjaga kebutuhan nutrisi tubuh

Satu minggu sebelum vaksinasi dilaksanakan pastikan bahwa Kawan dapat menjaga kebutuhan nutrisi tubuh harian. Konsumsi makanan bergizi yang mengandung protein, vitamin, dan mineral. Jika masih dirasa kurang, Kawan bisa melengkapinya dengan suplemen tambahan secukupnya dan sesuai kebutuhan.

Ceritakan Kondisi Kesehatan

Saat hendak menerima vaksin, penting bagi kita untuk mengisi data atau menceritakan kondisi kesehatan yang tengah dialami. Kondisi tersebut dapat berupa, alergi, memiliki penyakit kronis atau bawaan, tengah mengonsumsi obat – obatan tertentu, tengah dalam masa menyucui dan atau mungkin berencana menjalani kehamilan.

Sementara, bagi mereka yang hidup dengan penyakit kronis tertentu tetap bisa mendapatkan vaksinasi COVID – 19. Namun, perlu dipastikan bahwa kondisi sebelum mendapatkan vaksin telah terlebih dahulu melalui rekomendasi dari dokter yang merawat pengobatan terkait. Kondisi inilah yang menentukan apakah seseorang dengan penyakit kronis tersebut diperbolehkan menerima vaksin atau tidak.

Related Articles

Back to top button