3 Bahan Makanan Ini Dilengkapi Nutrisi Tinggi dan Dapat Menggantikan Nasi

Kesehatan

3 Bahan Makanan Ini Dilengkapi Nutrisi Tinggi dan Dapat Menggantikan Nasi

Dalam upaya menjaga kesehatan tubuh sering kali kita mendengar saran terkait penerapan pola makan yang tepat. Sejatinya, tak ada yang begitu salah dari pola makan yang menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia saat ini. ‘Empat sehat lima sempurna’ adalah pola yang sudah dapat dikatakan tepat. Hanya saja terkadang kita tidak terlalu memedulikan konsumsi asupan mengandung karbohidrat tinggi.

Bukan tanpa alasan, pasalnya karbohidrat dikenal dapat meningkatkan kadar gula darah yang kelak dikhawatirkan dapat merusak pembuluh darah. Jika sudah disertai komplikasi, gula darah yang tinggi dapat menyebabkan serangan jantung, kerusakan mata, hingga penyakit ginjal. Oleh karena itu sudah saatnya kita mengganti nasi dengan bahan makanan yang lebih tepat tanpa mengurangi manfaatnya.

Salah satu bahan makanan yang bisa menggantikan peran nasi adalah kentang. Kentang memiliki kandungan karbohidrat yang lebih kaya nutrisi dibanding nasi. Dalam satu buah kentang kita bisa mendapatkan vitamin B6, C, kalium, protein, omega-3, omega-6, dan juga zat besi. Tidak hanya itu, jagung juga tidak kalah bernutrisi dibanding kentang lho.

Selain karbohidrat, jagung juga mengandung vitamin B1, B3, B5, dan B9 (folat). Karbohidrat pada jagung juga diperkaya dengan kandungan serat, magnesium, vitamin C, dan fosfor. Terakhir, ada ubi yang juga dapat dikategorikan sebagai pengganti nasi. Bahkan ubi memiliki kandungan beta-karoten, vitamin A, B6, C, kalium, dan serat yang tinggi hingga dapat membantu menjaga kesehatan tulang, metabolisme, dan juga jantung.

Back To Top